Profil Me

Sabtu, 12 Januari 2013

Koperasi Sukses di Indonesia



Salah satu contoh koperasi sukses di Indonesia antara lain :

Nama Koperasi            : Pusat Koperasi Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Puskop Mabes TNI)
Alamat                         : Jalan Raya Bogor No. 1 (13510), Cililitan, Jakarta Timur, Indonesia

No. Telp                      : 021 - 8096084
Fax                              : 021 - 8004056

KEUNGGULAN DAN KESUKSESAN :

1. Kegiatan Unit Perdagangan

Diselenggarakan ditujukan untuk melayani kebutuhan dinas. Barang-barang yang umumnya dibutuhkan oleh dinas meliputi alat tulis kantor, alat mesin kantor dan kebutuhan perlengkapan prajurit seperti kaos loreng, topi rimba, matras dan lain-lain.

2. Kegiatan Unit Jasa

         Unit Simpan Pinjam
Unit Simpan Pinjam melakukan kegiatan simpan pinjam untuk anggotanya. Untuk menjalankan operasionalnya dan penyediaan dana usipa. Melakukan kerja sama dengan Bank Yudha Bhakti dan Bank Jabar dengan bunga ringan.

Unit KPR-BTN
Unit KPR-BTN berfokus pada pengadaan pemilikan rumah bagi prajurit dengan cara kredit. Dalam pengadaan pemilikan rumah, Puskop Mabes TNI bekerjasama dengan developer yang ditunjuk untuk pembangunan rumah.

Unit Triloka
Unit Triloka menyewakan tempat penginapan yang terletak di daerah Cisarua, Bogor. Unit penginapan yang disewakan berjumlah 60 unit penginapan. Dilengkapi fasilitas tambahan yang dapat digunakan oleh pihak penyewa, seperti kolam renang, dll.

Unit Travel Biro
Melakukan kerja sama untuk menjalankan usaha dengan PT. Dina Setya Rahma Tour.

3. Kegiatan Unit Industri

Kegiatan usaha Puskop Mabes TNI dalam bentuk Industri Pengolahan Pertanian menjadi Agrobisnis,  Peternakan, pertambangan, barang-barang kerajinan, perkebunan dan sejenisnya. Kegiatan yang sudah berjalan adalah  penanaman bunga, pembudidayaan jamur, indusri suplemen makanan yang berlokasi di Cisarua Bogor.

Puskop Mabes TNI dapat dikatakan salah satu contoh koperasi di Indonesia yang sukses dikarenakan selain memiliki struktur organisasi yang jelas, berbagai macam bidang usaha yang dijalankan guna meningkatkan kesejahteraan anggotanya dan masyarakat.

Tidak ada komentar: