Profil Me

Selasa, 27 Maret 2012

Pengantar Bisnis - Pengertian Bisnis


PENGERTIAN BISNIS


DISUSUN OLEH :
Nama : Nurfitri Budiapriyanti
Kelas : 1EB16
NPM : 25211345
Fakultas / Jurusan : Ekonomi / Akuntansi 
UNIVERSITAS GUNADARMA



Pengerian Bisnis
Beberapa definisi “BISNIS” menurut para ahli :


1.                   Mahmud Machfoedt
                        Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
            Usahawan atau pelau bisnis harus mampu memadukan 4 macam sumber daya, yaitu :
(a)                Sumber Daya Materi
(b)                Sumber Daya Mansia
(c)                Sumber Daya Keuangan
(d)               Sumber Daya Informasi
Sifat Perusahaan :
Perusahaan bersifat dinamis, mengalami kemajuan atau kemunduran pada saat bergerak melalui siklus hidupnya. Perubahan atas kondisi ekonomi dan pasar memerlukan pemikiran kembali atas strategi perusahaan metode dan sarana yang digunakan untuk menghadapinya.
Tujuan Bisnis :
Setiap bisnis atau perusahaan berusaha mengolah bahan untuk dijadikan produk yang diperlukan oleh konsumen produk dapat berupa barang atau jasa. Tujuan perusahaan membat produk adalah untuk mendapatkan laba, yakni imbalan yang diperoleh perusahaan dan penyediaan suatu produk bagi konsumen.

2.                   Brown dan Petrello (1976)
                        “Business is an institution which produces goods and services demanded by people.” Artinya bisnis adalah suatu lmbaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka lembaga bisnis pun akan meningkat pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh laba.

3.                   Steinford (1979)
                        “Business is all those activities involved in providing the goods and services needed or desired by people.” Dalam pengertian ini bisnis sebagai aktifitas yang menyedakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen. Dapat dilakukan oleh oganisasi perusahaan yang memiliki badan hukum, perusahaan yang memiliki badan usaha, maupun perorangan yang tidak memiliki badan hukum maupun badan usaha seperti pedagang kaki lima, warung yang tidak memiliki Surat Izin Tempat Usaha (SITP) serta usaha informal lainnya.

4.                   Griffin dan Ebert (1996)
                        “Business is an organization that povides goods or services in ordet toearn provit.” Sejalan dengan definisi tersebut, aktifitas bisnis melalui penyediaan barang dan jasa bertujuan untuk menghasilkan profit (laba). Suatu perusahaan dikatakan menghasilkan laba apabila total penerimaan pada suatu periode (Total Revenues) lebih besar dari total biaya (Total Costs) para periode yang sama. Laba merupakan daya tarik utama untuk melakukan kegiatan bisnis, sehingga melalui laba pelaku bisnis dapat mengembangkan skala usahanya untuk meningkatkan laba yang lebih besar.

5.                   Hughes dan Kapoor
                        “Business is the organized effort of individuals to produce and sell for a provit, the goods and services that satisfy societies needs. The general term business refer to all such efforts within a society or within and industry.” Maksudnya bisnis adalah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam industri. Orang yang mengusahakan uang dan waktunya dengan menanggung resiko dalam menjalankan kegiatan bisnis disebut Entrepreneur.

6.                   Allan Afuah (2004)
                        Bisnis merupakan sekumpulan aktifitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen.

7.                   Glos, Steade dan Lowry (1996)
                        Bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yang dorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka.

8.                   Musselman dan Jackson (1992)
                        Suatu aktifitas yang memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat dan perusahaan diorganisasikan untuk terlibat dalam aktifitas tersebut.


PERSAMAAN dan PERBEDAAN yang terdapat di definisi :

Persamaan
                        Pada umumnya definisi bisnis yang dikutip oleh para ahli bisnis cenderung sama, yakni bisnis adalah kegiatan usaha yang terorganisasi untuk menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dan bertujuan menghasilkan profit (laba), yang kemudian laba tersebut digunakan untuk usaha meningkatkan laba atau perusahaan yang lebih besar lagi.

Perbedaan
                        Perbedaan definisi yang dikutip para ahli bisnis tidak begitu menonjol. Hanya terdapat perbedaan dalam kutipan “Hughes dan Kapoor” dengan yang lain terdapat pernyataan “orang yang mengusahakan uang dan waktunya dengan menanggung resiko”, artinya bisnis itu mengandung resiko yang harus ditanggung oleh pelaku bisnis tersebut, yakni laba atau rugi.

Tidak ada komentar: